Cara Booking Hotel Saat Liburan

Melakukan booking hotel saat liburan sangatlah penting dilakukan. Bagi Anda yang akan berlibur bersama keluarga ataupun kerabat ada baiknya mempersiapkannya dengan matang. Salah satu alasannya yaitu agar perjalanan liburan berjalan lancar dari berangkat hingga kembali pulang.

Cara Booking Hotel Lewat Aplikasi

Mungkin sudah banyak orang yang paham mengenai pembookingan tempat istirahat ini.Namun, bagi Anda yang masih baru pertama kali melakukan booking untuk menginap di hotel tentu saja akan terlihat membingungkan jika tidak mempelajarinya terlebih dahulu.

Pertama-tama, Anda harus memesan hotel sebagai tempat menginap selama berlibur. Biasanya cara pembookingan hotel bisa dilakukan dengan cara seperti booking langsung lewat online atau OTA maupun menelpon langsung melakukan reservasi. Namun, lebih mudahnya memesan lewat aplikasi.

Pada aplikasi booking hotel tersebut bisa langsung memilih tempatnya dan melakukan pemesanan di situs itu.  Anda juga bisa melihat tampilan atau review dari hotel yang dituju beserta harganya, jadi sesuaikan dengan budget saja. Setelah selesai memesan nanti akan mendapatkan pesan lewat email, jangan dihapus karena dibutuhkan untuk check-in.

Cara Check In Hotel yang Sudah Dipesan

boking hotel

Setelah melakukan booking hotel lewat aplikasi, kini saatnya untuk check-in. Jika sudah memesan lewat situs, Anda tinggal memberitahukan kepada pihak resepsionisnya bahwa sudah melakukan reservasi di sana. Tunjukkan bukti pemesanan tersebut.

Dalam proses ini, Anda akan diminta untuk menunjukkan ataupun memberikan identitas dalam bentuk fotokopian. Jika berada di hotel dalam negeri, biasanya butuh fotokopi KTP dan kerabat yang ikut menginap tidak perlu menunjukkan data dirinya karena hanya teruntuk si pemesan di aplikasi.

Setiap hotel biasanya menerapkan kebijakan deposit yang artinya Anda harus memberikan uang kepada pihak hotel sebagai jaminan. Tak hanya cas saja, akan tetapi bisa juga menggunakan kartu kredit. Jika terjadi kerusakan fasilitas dalam kamar yang dipesan makan uang tersebut akan menjadi milik mereka. Beda lagi jika uangnya kurang, jadi harus ditambah lagi.

Cara Menggunakan Kunci Kamar yang Dipesan

Di zaman yang serba canggih seperti ini biasanya jarang sekali kamar hotel yang menyediakan kunci dalam bentuk fisik, tapi sebaliknya. Anda akan diberikan kunci kartu akses, dengan begini keamanan akan terjamin. Sistem pengamannya pun sudah bisa dirasakan ketika naik lift.

Nah, ketika akan naik lift tempelkan kunci berupa kartu tersebut ke salah satu bagian supaya bisa mengantarkan Anda ke kamar tujuan. Begitu juga saat mau memasuki kamar, tinggal tempelkan saja kartunya di bagian gagang pintu.

Beda lagi jika di gagang pintu tersebut terdapat slot kartu bukan dalam bentuk seperti scan kartu. Jadi, ketika ada tempat untuk memasukkan kartu (biasanya dari atas) Anda tinggal masukkan saja kartunya lalu pintu akan terbuka. Biasanya juga berlaku pada listrik dalam kamar (bila ada slot kartu).

Cara untuk Check Out dari Hotel

Biasanya pihak hotel menggunakan waktu check out sekitar jam 12:00 sampai dengan jam 13:00, dikarenakan untuk para tamu lainnya membutuhkan check in sekitar pukul 13:00 hingga 14:00. Bila Anda telat melakukan check out, siap-siap untuk dikenakan biaya tambahan.

Jika memang mau menambah hari untuk menginap di kamar tersebut, seharusnya Anda langsung menghubungi pihak resepsionisnya. Bila memang ada slot kamar, biasanya akan diizinkan menambah hari inap dan tentunya harus membayar lagi.

Namun, jika tidak ada slot kamar, biasanya Anda tidak diizinkan menginap atau menambah hari lagi. Jadi, lakukan check out sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan pihak hotel. Untuk melakukan check outnya simple, hanya perlu menghampiri resepsionis lalu mengembalikan kartu kunci kamar.

Demikian ulasan singkat mengenai booking hotel saat liburan. Pastikan semuanya berjalan dengan sempurna, supaya perjalanan liburan Anda menyenangkan. Semoga cara-cara di atas mampu memberikan ilmu pengetahuan bagi para pemula yang masih baru pertama kali memesan tiket hotel.